Halaman

Selasa, 12 Juni 2012

Taq Question

pada Tag Question, seseorang membuat pernyataan namun ia tidak begitu yakin akan kebenaran pernyataan yang diucapkannya. oleh karena itu, dia menggunakan Tag Question sebagai alat verifikasi kebenaran pernyataanya. dalam bahasa indonesia, Tag Question ini sering disamakan dengan kata "Kan". kalimat yang menggunakan Tag Question mempunyai klausa utama dan tag question yang dipisahkan oleh tanda koma. kalimat ini selalu diakhiri dengan tanda tanya.
berikut adalah beberapa aturan penting dalam penulisan tag question
  1. Gunakan Auxiliary verb yang sama seperti yang anda gunakan pada klausa (kalimat) utama. jika pada klausa utama tidak terdapat auxiliary maka gunakanlah do, does atau did (pemilihan do, does didasarkan pada subject verb agreement sedangkan untuk bentuk lampau gunakanlah did)
  2. jika klausa (kalimat) utama merupakan pernyataan negatif, maka tag question yang digunakan positif. sebaliknya jika klausa utama merupakan pernyataan afirmasi (positif), maka tag question yang digunakan negatif. dalam hal ini, klausa utama dan tag question yang digunakan selalu bertolak belakang
  3. Tag question menggunakan tenses yang sama dengan klausa utamanya. jadi jika klausa utama past, maka bentuk tag question juga past. jika klausa utama bentuk present maka tag question juga bentuk present. jangan pernah merubah tenses dalam tag question
  4. Tag question menggunakan subjek yang sama dengan subjek yang ada pada klausa utama. subjek dalam tag question selalu dalam bentuk kata ganti (pronoun) diantaranya: I, you, they, we, he, she, it. jadi, jika dalam klausa utama subjek berupa nama orang, maka harus digunakan kata ganti yang tepat pada tag questionnya.
  5. Tag question dalam bentuk negatif biasanya menggunakan singkatan (n't). jadi kata "not" biasanya disingkat seperti itu. jika tidak menggunakan singkatan, maka tag question akan disususn berturut - turut: auxiliary + subjek + not. (Contohnya: did he not?)
  6. there is, there are dan it is mengandung pseudosubject (subjek semu/tidak sebenarnya) sehingga pada tag question juga akan ditemukan kata "there" atau "it" seolah - olah kedua kata tersebut merupakan subject pronoun (kata ganti yang menjadi subjek).
  7. verb have dapat digunakan sebagai main verb (kata kerja utama) contohnya: i have a new car) atau juga bisa dugunakan sebagai auxiliary (contohnya: John has gone to class already). dalam American English, ketika have berfungsi sebagai main verb, maka auxiliarry do, does atau did harus digunakan pada taq questionnya.
beberapa contoh tag question:
there are only twenty-eight days in February, aren't there?
 it's raining now, isn't it? it isn't raining now, is it?
the boys don't have class tomorrow, do they?
you and I talked with the professor yesterday, didn't we?
Jill and Joe have been to Mexico, haven't they?
you have two children, don't you?
dalam British English, hal yang sama bisa dikatakan menjadi:
You have two children, haven't you?

1 komentar: